Getaran
TUJUAN PEMBELAJARAN LAB
1. Mendesain percobaan untuk menguji aturan kuantitatif.
2. Mempelajari pentingnya pengumpulan data secara cermat.
3. Mempelajari Penggunaan dua metode independen untuk menentukan kuantitas fisik yang sama, untuk memutuskan apakah dua metode memberikan hasil yang konsisten atau tidak, dan untuk memberikan alasan perbedaan itu, jika ada
1. Mendesain percobaan untuk menguji aturan kuantitatif.
2. Mempelajari pentingnya pengumpulan data secara cermat.
3. Mempelajari Penggunaan dua metode independen untuk menentukan kuantitas fisik yang sama, untuk memutuskan apakah dua metode memberikan hasil yang konsisten atau tidak, dan untuk memberikan alasan perbedaan itu, jika ada
I. PERCOBAAN EKSPERIMEN :
PERIODE SEBUAH PENDULUM SEDERHANA
·
Tersedia peralatan: String , meter tongkat
, timbangan, stopwatch ,
benda dengan massa yang berbeda , busur derajat.
·
Desain percobaan untuk menguji apakah
periode bandul sederhana adalah sebanding dengan panjangnya . Sebuah bandul
sederhana adalah pendulum yang berayun dengan amplitudo kecil (objek yang
melekat sampai akhir dalam ukuran kecil dibandingkan dengan panjang pendulum) .
·
Termasuk dalam laporan Anda :
a) Menulis garis besar desain Anda . Sertakan diagram berlabel . Termasuk bagaimana Anda akan menganalisis data untuk memutuskan apakah atau tidak hasilnya cocok prediksi.
a) Menulis garis besar desain Anda . Sertakan diagram berlabel . Termasuk bagaimana Anda akan menganalisis data untuk memutuskan apakah atau tidak hasilnya cocok prediksi.
b
) Asumsi Apa yang dapat Anda buat
dalam analisis Anda ? Efek apa yang bisa membuat asumsi ini berlaku ?
c ) Apa sumber-sumber ketidakpastian eksperimental ? Bagaimana ini akan mempengaruhi data ? Tentukan bagaimana Anda akan meminimalkan ketidakpastian dalam pengukuran waktu .
d ) Apa prediksi hipotesis yang dapat Anda buat tentang hasil percobaan ?
e ) Lakukan percobaan dan tentukan hasilnya. Pastikan bahwa Anda sangat berhati-hati mengumpulkan data , dan pastikan untuk menyertakan ketidakpastian eksperimental.
f ) Berdasarkan prediksi , hasilnya , dan efek dari asumsi dan ketidakpastian , buatlah penilaian tentang hipotesis yang akan diuji .
g ) Revisi hipotesis jika perlu menggunakan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Setelah Anda mengemukakan hipotesis baru (harus memenuhi prosedur matematika), selanjutnya diuji secara eksperimental .
c ) Apa sumber-sumber ketidakpastian eksperimental ? Bagaimana ini akan mempengaruhi data ? Tentukan bagaimana Anda akan meminimalkan ketidakpastian dalam pengukuran waktu .
d ) Apa prediksi hipotesis yang dapat Anda buat tentang hasil percobaan ?
e ) Lakukan percobaan dan tentukan hasilnya. Pastikan bahwa Anda sangat berhati-hati mengumpulkan data , dan pastikan untuk menyertakan ketidakpastian eksperimental.
f ) Berdasarkan prediksi , hasilnya , dan efek dari asumsi dan ketidakpastian , buatlah penilaian tentang hipotesis yang akan diuji .
g ) Revisi hipotesis jika perlu menggunakan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Setelah Anda mengemukakan hipotesis baru (harus memenuhi prosedur matematika), selanjutnya diuji secara eksperimental .
II.
CIPTAKAN INVESTIGASI ANDA SENDIRI
Pertanyaan kuantitatif lain apa yang dapat Anda selidiki dengan menggunakan peralatan dari eksperimen ini? Ajukan pertanyaan, kemudian selidiki dan tuliskan ringkasan singkat dari hasil penyelidikan tersebut.
Pertanyaan kuantitatif lain apa yang dapat Anda selidiki dengan menggunakan peralatan dari eksperimen ini? Ajukan pertanyaan, kemudian selidiki dan tuliskan ringkasan singkat dari hasil penyelidikan tersebut.
III. APLIKASI PERCOBAAN: SPRING
KONSTAN
Merancang percobaan untuk menentukan konstanta pegas dari pegas yang diberikan dengan menggunakan dua metode independen. Salah satu metode, menggunakan konsep-konsep getaran dan gerak osilasi.
Peralatan yang tersedia : Statip, pegas, benda-benda kecil dengan massa yang berbeda (beban bantung), meter/pengukur, timbangan, sensor gerak, stopwatch
Merancang percobaan untuk menentukan konstanta pegas dari pegas yang diberikan dengan menggunakan dua metode independen. Salah satu metode, menggunakan konsep-konsep getaran dan gerak osilasi.
Peralatan yang tersedia : Statip, pegas, benda-benda kecil dengan massa yang berbeda (beban bantung), meter/pengukur, timbangan, sensor gerak, stopwatch
RUBRICS
Rubrik D: Kemampuan
untuk merancang dan melakukan percobaan
aplikasi
|
|||||
Kemampuan Ilmiah
|
Hilang
|
Tidak memadai
|
Perlu Beberapa Perbaikan
|
Memadai
|
|
D4
|
Mampu membuat keputusan tentang hasil percobaan
|
Tidak disajikan diskusi tentang hasil percobaan
|
Sebuah penilaian dibuat tentang
hasil, tetapi tidak masuk akal
|
Sebuah penilaian yang dapat diterima dibuat tentang hasilnya,
tapi alasan ini cacat atau tidak lengkap.
|
Sebuah penilaian ang dapat diterima dibuat tentang hasilnya, dengan alasan yang jelas. Efek dari asumsi dan ketidakpastian
eksperimental dipertimbangkan.
|
D5
|
Mampu mengevaluasi hasil dengan cara metode independen
|
Tidak ada upaya dilakukan untuk mengevaluasi konsistensi hasil dengan
menggunakan metode independen.
|
Sebuah metode independen kedua digunakan untuk mengevaluasi hasil.
Namun sedikit atau tidak ada diskusi tentang perbedaan dalam hasil karena dua metode. |
Sebuah metode independen kedua digunakan untuk mengevaluasi hasil. Hasil dari dua metode tersebut dibandingkan
menggunakan ketidakpastian eksperimental.
Tapi ada sedikit atau tidak ada diskusi tentang kemungkinan alasan untuk perbedaan ketika hasilnya berbeda. |
Sebuah metode independen kedua digunakan untuk
mengevaluasi hasil dan evaluasi
dilakukan dengan ketidakpastian eksperimental. Perbedaan antara hasil dari dua metode, dan alasan
yang mungkin dibahas.
|
D7
|
Mampu memilih prosedur matematika
yang produktif untuk memecahkan
masalah eksperimental
|
Prosedur Matematika yang baik hilang, atau persamaan yang ditulis tidak
relevan dengan desain.
|
Sebuah prosedur matematika dijelaskan, tetapi tidak benar atau
tidak lengkap, karena jawaban akhir tidak dapat dihitung
|
Prosedur matematika yang benar dan lengkap dijelaskan tapi kesalahan dibuat dalam perhitungan.
|
Prosedur Matematika sepenuhnya konsisten dengan
desain. Semua kuantitas dihitung dengan benar. Jawaban final sangat berarti.
|
Rubrik G : Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data
eksperimen
|
|||||
Kemampuan Ilmiah
|
Hilang
|
Tidak memadai
|
Perlu beberapa Perbaikan
|
Memadai
|
|
G1
|
Mampu mengidentifikasi sumber ketidakpastian eksperimental
|
Tidak ada upaya dilakukan untuk mengidentifikasi
ketidakpastian eksperimental.
|
Dilakukan usaha untuk mengidentifikasi ketidakpastian
eksperimental, tetapi kebanyakan
hilang, digambarkan samar-samar, atau tidak benar.
|
Umumnya ketidakpastian eksperimental diidentifikasi
dengan benar
|
Semua ketidakpastian eksperimental diidentifikasi dengan benar
|
G2
|
Dapat mengevaluasi secara khusus bagaimana mengidentifikasi
ketidakpastian eksperimental yang dapat mempengaruhi
hasil
|
Tidak ada upaya dilakukan untuk mengevaluasi ketidakpastian eksperimental
|
Dilakukan usaha untuk mengevaluasi ketidakpastian
eksperimental, tetapi kebanyakan
hilang, digambarkan samar-samar, atau tidak benar. Atau hanya ketidakpastian
mutlak disebutkan. Atau hasil akhir tidak
mengambil ketidakpastian memperhitungkan.
|
Ketidakpastian hasil akhir tidak
telah diidentifikasi tapi tidak dievaluasi dengan benar.
|
Ketidakpastian eksperimental hasil akhir dievaluasi dengan benar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Selamat Memberi Tanggapan