Senin, 16 Maret 2015

Contoh Disain Lab

Getaran

 TUJUAN PEMBELAJARAN LAB
1.
Mendesain percobaan untuk menguji aturan kuantitatif.
2.
Mempelajari pentingnya pengumpulan data secara cermat.
3.
Mempelajari Penggunaan dua metode independen untuk menentukan kuantitas fisik yang sama, untuk memutuskan apakah dua metode memberikan hasil yang konsisten atau tidak, dan untuk memberikan alasan perbedaan itu, jika ada

I.  PERCOBAAN EKSPERIMEN :

    PERIODE SEBUAH  PENDULUM SEDERHANA

·         Tersedia peralatan: String , meter tongkat , timbangan, stopwatch , benda dengan massa yang berbeda , busur derajat.
·         Desain percobaan untuk menguji apakah periode bandul sederhana adalah sebanding dengan panjangnya . Sebuah bandul sederhana adalah pendulum yang berayun dengan amplitudo kecil (objek yang melekat sampai akhir dalam ukuran kecil dibandingkan dengan panjang pendulum) .

·         Termasuk dalam laporan Anda :
a)
Menulis garis besar desain Anda . Sertakan diagram berlabel . Termasuk bagaimana Anda akan menganalisis data untuk memutuskan apakah atau tidak hasilnya cocok prediksi.
b ) Asumsi Apa yang dapat Anda buat dalam analisis Anda ? Efek apa yang bisa membuat asumsi ini berlaku ?
c )
Apa sumber-sumber ketidakpastian eksperimental ? Bagaimana ini akan mempengaruhi data ? Tentukan bagaimana Anda akan meminimalkan ketidakpastian dalam pengukuran waktu .
d )
Apa prediksi hipotesis yang dapat Anda buat tentang hasil percobaan ?
e )
Lakukan percobaan dan tentukan hasilnya. Pastikan bahwa Anda sangat berhati-hati mengumpulkan data , dan pastikan untuk menyertakan ketidakpastian eksperimental.
f )
Berdasarkan prediksi , hasilnya , dan efek dari asumsi dan ketidakpastian , buatlah penilaian tentang hipotesis yang akan diuji .
g )
Revisi hipotesis jika perlu menggunakan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Setelah Anda mengemukakan hipotesis baru (harus memenuhi prosedur matematika), selanjutnya diuji secara eksperimental .

II. CIPTAKAN  INVESTIGASI ANDA SENDIRI
Pertanyaan
kuantitatif lain apa yang dapat Anda selidiki dengan menggunakan peralatan dari eksperimen ini? Ajukan pertanyaan, kemudian selidiki dan tuliskan ringkasan singkat dari hasil penyelidikan tersebut.

III. APLIKASI PERCOBAAN: SPRING KONSTAN
Merancang percobaan untuk menentukan konstanta pegas dari pegas yang diberikan dengan menggunakan dua metode independen.
Salah satu metode, menggunakan konsep-konsep getaran dan gerak osilasi.
Peralatan yang tersedia : Statip, pegas, benda-benda kecil dengan massa yang berbeda (beban bantung), meter/pengukur, timbangan, sensor gerak, stopwatch
RUBRICS
Rubrik D: Kemampuan untuk merancang dan melakukan percobaan aplikasi
Kemampuan Ilmiah
Hilang
Tidak memadai
Perlu Beberapa Perbaikan
Memadai
D4
Mampu membuat keputusan tentang hasil percobaan
Tidak  disajikan diskusi tentang hasil percobaan
Sebuah penilaian dibuat tentang hasil, tetapi tidak masuk akal
Sebuah penilaian yang dapat diterima dibuat tentang hasilnya, tapi alasan ini cacat atau tidak lengkap.
Sebuah penilaian ang dapat diterima dibuat tentang hasilnya, dengan alasan yang jelas. Efek dari asumsi dan ketidakpastian eksperimental dipertimbangkan.
D5
Mampu mengevaluasi hasil dengan cara metode independen
Tidak ada upaya dilakukan untuk mengevaluasi konsistensi hasil dengan menggunakan metode independen.
Sebuah metode independen kedua digunakan untuk mengevaluasi hasil.
Namun  sedikit atau tidak ada diskusi tentang perbedaan dalam hasil karena dua metode.
Sebuah metode independen kedua digunakan untuk mengevaluasi hasil. Hasil dari dua metode tersebut dibandingkan menggunakan ketidakpastian eksperimental.
Tapi ada sedikit atau tidak ada diskusi tentang kemungkinan alasan untuk perbedaan ketika hasilnya berbeda.
Sebuah metode independen kedua digunakan untuk mengevaluasi hasil dan evaluasi dilakukan dengan ketidakpastian eksperimental. Perbedaan antara hasil dari dua metode, dan alasan yang mungkin dibahas.
D7
Mampu memilih prosedur matematika yang produktif untuk memecahkan masalah eksperimental
Prosedur Matematika yang baik hilang, atau persamaan yang ditulis tidak relevan dengan desain.
Sebuah prosedur matematika dijelaskan, tetapi tidak benar atau tidak lengkap, karena jawaban akhir tidak dapat dihitung
Prosedur matematika yang benar dan lengkap dijelaskan tapi kesalahan dibuat dalam perhitungan.
Prosedur Matematika sepenuhnya konsisten dengan desain. Semua kuantitas dihitung dengan benar. Jawaban final sangat berarti.

Rubrik G : Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data eksperimen
Kemampuan Ilmiah
Hilang
Tidak memadai
Perlu beberapa Perbaikan
Memadai
G1
Mampu mengidentifikasi sumber ketidakpastian eksperimental
Tidak ada upaya dilakukan untuk mengidentifikasi ketidakpastian eksperimental.
Dilakukan usaha untuk mengidentifikasi ketidakpastian eksperimental, tetapi kebanyakan hilang, digambarkan samar-samar, atau tidak benar.
Umumnya ketidakpastian eksperimental diidentifikasi dengan benar
Semua ketidakpastian eksperimental diidentifikasi dengan benar
G2
Dapat mengevaluasi secara khusus bagaimana mengidentifikasi ketidakpastian eksperimental yang dapat mempengaruhi hasil
Tidak ada upaya dilakukan untuk mengevaluasi ketidakpastian eksperimental
Dilakukan usaha untuk mengevaluasi ketidakpastian eksperimental, tetapi kebanyakan hilang, digambarkan samar-samar, atau tidak benar. Atau hanya ketidakpastian mutlak disebutkan. Atau hasil akhir tidak mengambil ketidakpastian memperhitungkan.
Ketidakpastian hasil akhir tidak telah diidentifikasi  tapi tidak dievaluasi dengan benar.
Ketidakpastian eksperimental hasil akhir dievaluasi dengan benar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Memberi Tanggapan